Apakah Anda ingin menggunakan Halaman Cepat Hemat Data?

Tekan tombol hijau untuk pindah ke halaman cepat hemat data

Memory card kamera merupakan salah satu perangkat penyimpanan yang sangat penting bagi para fotografer dan videografer. Memory card ini berfungsi untuk menyimpan semua file gambar dan video yang Anda rekam. Jika Anda memilih memory card kamera yang salah, Anda bisa kehilangan momen berharga yang sudah Anda abadikan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih memory card kamera yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih kartu memori.

Jenis Memory Card Kamera

Ada beberapa jenis memory card kamera yang beredar di pasaran, seperti SD card, micro SD card, dan CompactFlash card. Setiap jenis memory card kamera memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda perlu menyesuaikan jenis memory card kamera dengan jenis kamera yang Anda gunakan. Berikut ini adalah jenis kartu memori kamera yang umum digunakan:

1. SD card atau Secure Digital card: jenis kartu memori kamera yang paling umum dan biasa digunakan pada kamera digital. SD card memiliki ukuran yang relatif kecil dan mudah ditemukan di berbagai toko. Ketika memilih SD card, pastikan Anda memperhatikan kelas kecepatan (speed class) dari SD card tersebut.

Kelas kecepatan menunjukkan seberapa cepat SD card dapat membaca dan menulis data. Dalam fotografi yang membutuhkan pengambilan gambar yang cepat, pastikan Anda memilih SD card dengan kelas kecepatan tinggi seperti U3 atau V30. Kelas kecepatan ini juga cocok untuk merekam video dengan resolusi 4K atau lebih tinggi.



2. Micro SD card: Versi yang lebih kecil dari SD card biasa dan sering digunakan pada kamera action atau kamera kecil lainnya. Micro SD card memiliki ukuran yang sangat kecil dan ringan, sehingga memudahkan Anda dalam memindahkan dan menyimpan data.

Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menangani micro SD card karena mudah hilang atau rusak. Anda juga perlu memastikan kamera Anda mendukung micro SD card sebelum membelinya. Sama seperti SD card, Anda juga perlu memperhatikan kelas kecepatan dari micro SD card yang Anda pilih.



3. CompactFlash card: Jenis memory card kamera yang sering digunakan oleh fotografer profesional. CompactFlash card memiliki kecepatan dan kapasitas yang lebih besar dari SD card atau micro SD card. Jenis memory card yang satu ini lebih tahan lama dan awet dari jenis memory card kamera lainnya. Cocok untuk Anda yang sering mengambil foto dalam format RAW atau merekam video dengan resolusi tinggi.

Namun, CompactFlash card memiliki ukuran yang lebih besar dan berat dari jenis memory card kamera lainnya. Anda juga perlu memastikan kamera Anda memiliki slot untuk CompactFlash card sebelum membelinya.

Kapasitas Memory Card Kamera

Kapasitas memory card kamera menunjukkan seberapa banyak data yang dapat disimpan oleh memory card kamera tersebut. Kapasitas memory card kamera biasanya diukur dalam satuan gigabyte (GB) atau terabyte (TB).

Semakin besar kapasitas memory card kamera, semakin banyak file gambar dan video yang dapat Anda simpan. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih kapasitas memory card kamera yang tepat seperti poin berikut ini:


  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ketika memilih kapasitas memory card kamera, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan Anda. Jika Anda sering mengambil foto atau merekam video dalam resolusi tinggi dan format file besar, maka memilih memory card kamera dengan kapasitas yang lebih besar seperti 64 GB atau 128 GB akan menjadi pilihan yang bijak.

Namun, jika Anda hanya mengambil foto atau merekam video dalam resolusi rendah dan format file kecil, maka memilih memory card kamera dengan kapasitas yang lebih kecil seperti 16 GB atau 32 GB akan cukup.


  • Backup dan Penyimpanan Eksternal

Jika Anda sering melakukan perjalanan atau tidak memiliki kesempatan untuk mentransfer file ke perangkat lain, maka memilih memory card kamera dengan kapasitas lebih besar juga dapat menjadi solusi backup dan penyimpanan sementara.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam menjaga memory card kamera agar tidak hilang atau rusak. Anda juga perlu melakukan backup dan penyimpanan eksternal secara berkala ke perangkat lain seperti komputer, hard disk, atau cloud storage. Dengan begitu, Anda bisa menghindari risiko kehilangan data yang tidak diinginkan.

Kecepatan Baca dan Tulis

Kecepatan baca dan tulis pada kartu memori kamera menunjukkan seberapa cepat memory card kamera dapat membaca dan menulis data. Kecepatan baca dan tulis biasanya diukur dalam satuan megabyte per detik (MB/s) atau gigabyte per detik (GB/s). Semakin tinggi kecepatan baca dan tulis, semakin cepat Anda dapat mengambil gambar dan merekam video dengan kamera Anda. Namun, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini dalam memilih kecepatan baca dan tulis yang tepat.

1. Perhatikan Ukuran File dan Kecepatan

Ukuran file gambar dan video yang Anda rekam dengan kamera Anda akan mempengaruhi kecepatan baca dan tulis yang dibutuhkan oleh memory card kamera Anda. Jika Anda mengambil foto atau merekam video dalam resolusi tinggi dan format file besar, maka Anda membutuhkan memory card kamera dengan kecepatan baca dan tulis yang tinggi. Jika Anda mengambil foto atau merekam video dalam resolusi rendah dan format file kecil, maka Anda dapat menggunakan memory card kamera dengan kecepatan baca dan tulis yang rendah.

2. Mode Pengambilan Gambar dan Kecepatan

Mode pengambilan gambar yang Anda gunakan dengan kamera Anda juga akan mempengaruhi kecepatan baca dan tulis yang dibutuhkan oleh memory card kamera Anda. Jika Anda menggunakan mode pengambilan gambar yang membutuhkan banyak data, seperti burst mode, bracketing, atau timelapse, maka Anda membutuhkan memory card dengan kecepatan baca dan tulis yang tinggi.

Namun jiika menggunakan mode pengambilan gambar yang membutuhkan sedikit data, seperti single shot, panorama, atau HDR, maka Anda dapat menggunakan memory card kamera dengan kecepatan baca dan tulis yang rendah.

3. Kamera dan Kecepatan

Kamera yang Anda gunakan juga akan mempengaruhi kecepatan baca dan tulis yang dibutuhkan oleh memory card kamera Anda. Kamera dengan spesifikasi tinggi, seperti prosesor, sensor, dan buffer yang canggih, akan membutuhkan memory card dengan kecepatan tinggi.

Sementara, kamera yang memiliki spesifikasi rendah, seperti prosesor, sensor, dan buffer sederhana, bisa memakai memory card dengan kecepatan baca dan tulis yang rendah.

Catatan Penulis

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih memory card kamera yang tepat. Pastikan Anda memilih jenis memory card kamera yang sesuai dengan kamera Anda. Pertimbangkan juga kapasitas penyimpanan yang diperlukan dan kecepatan baca dan tulis. Dengan begitu, Anda bisa mengabadikan momen tanpa perlu khawatir dengan penyimpanan kartu memori kamera.

Jika Anda sedang mencari memory card yang berkualitas dan terjamin, Anda bisa mengunjungi website Sentra Digital, pusat kamera terlengkap di Surabaya. Sentra Digital menyediakan berbagai jenis memory card kamera Sony, Canon, Fujifilm, Nikon, dan Lumix.

Sentra Digital juga memberikan harga terbaik dan garansi resmi untuk setiap produk yang Anda beli. Jangan ragu untuk menghubungi customer service kami jika Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam memilih memory card kamera yang tepat. Sentra Digital siap membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan fotografi dan videografi Anda.

Memory Card Kamera Sandisk

Rp. 560.000

Rp. 1.299.000

Rp. 310.000

Rp. 245.000

Studio Tools / Other Tools

Rp. 215.000

Rp. 3.149.000

Rp. 215.000

Rp. 260.000

Rp. 235.000

Kunjungi Sentra Digital untuk Dapatkan Memory Card Kamera Terbaik Kebutuhan Anda!

Tersedia juga kamera Sony, Canon, Nikon, dan berbagai perlengkapan fotografi dan videografi lainnya. Jangan ragu untuk menghubungi Sentra Digital, tim profesional kami siap membantu Anda mendapatkan produk yang tepat sesuai keinginan Anda.